Tag Kemasan Plastik

Pasti kalian pernah dong beli makanan/minuman yang dibungkus menggunakan plastik? Tapi kita semua tidak pernah tahu apa yang terkandung pada kemasan tersebut. Kita dapat mengetahui dari simbol-simbol yang ada pada kemasan plastik tersebut, untuk lebih jelasnya akan saya bahas dibawah ini:

1. PET/PETE (POLYEHYLENE TEREPHTHALATE)


Kemasan plastik yang berlogo segitiga dengan angkas 1 ini sangatlah berbahaya. Biasanya digunakan pada botol plastik transparan/jernih seperti botol air mineral, botol juice, botol boat dan lain sebagainya. Botol ini hanya untuk sekali pakai saja! Jika kita sering menggunakan kembali kemasan plastik berlogo ini, lapisan polimer pada kemasan bersangkutan bisa meleleh bila diisi dengan air panas/hangat dan akan mengeluarkan zat karsinogenetik. Bahayanya pada tubuh kita adalah bisa bertumbuhnya sel kanker!

2. HDPE (HIGH DENSITY POLYEHYLENE)

Kemasan plastik bertanda segitiga  2 ini biasanya dipakai  untuk botol yang berwarna putih susu (botol susu), Tupperware dan galon. Tanda ini aman untuk digunakan! Bahan ini bersifat lebih kuat, keras, warnanya buranm dan tahan terhadap suhu yang tinggi . Tapi kita juga harus waspada, karena dalam kemasan ini mempunyai senyawa anitomy trioksiuda yang bisa meningkat sewaktu-waktu.

3. V (POLYVINYL CHLORIDE)


Bahan yang satu ini  terkenal dengan sulit didaur ulang. Biasanya bahan yang berlogo segitiga dengan angka 3 ini dipakai untuk pembungkus makanan (cling wrap) dan botol. Kemasan mengandung DEHA yang berbahaya, DEHA ini berbahaya untuk ginjal, hati dan bisa mempengaruhi berat badan!

4. LDPE (LOW DENSITY PLYETHYLENE)

Biasanya berwarna coklat dan terbuat dari minyak bumi. Kemasan berlogo segitiga dengan angka 4 ini biasanya dipakai untuk tempar makanan, kemasan, botol dan kantong kresek. Bahan ini bersifat kuat, agak tembus cahaya, fleksibel dan agak berminyak. Kan tetapi bahan ini sangat aman untuk tempat makanan dan minuman!

5. PP (POLYPROPHYLENE)

Kemasan berlogo segitiga dengan angka 5 ini kemasan yang sangat cocok untuk kita, karena bentuknya transparan dan tidak begitu jernih.

6. PS (POLYSTYRENE)

PS atau Polystyrene termasuk kemasan sekali pakai. Contohnya gelas dan pakai makanan styrofoam, sendok, dan garpu plastik, yang biasa ada pada kotak makanan. Kotak CD juga mengandung Polystyrene. Kandungan bahan kimia plastik jenis ini berbahaya bagi kesehatan. Jika makanan berminyak dipanaskan dalam wadah ini, styrene dari kemasan langsung berpindah ke makanan.

7. PC (POLYCARBONATE)

PC atau Polycarbonate digunakan untuk botol galon air minum, botol susu bayi, melamin untuk gelas, piring, mangkuk alat makanan. Salah satu bahan perlengkapan makanan dan minuman yang sering digunakan adalah melamin yang tergolong jenis plastik termoset. Plastik jenis ini tergolong dalam “food grade” dan dapat digunakan sampai 140ยบ C.

No comments:

Post a Comment