Jangan Pernah Meninggalkan Sejarah!

Ada yang beranggapan “Sejarah Adalah Sekarang” anggapan itu benar, karena banyak orang yang melupakan sejarah begitu saja, padahal sejarah itu kejadian yang akan terus sejalan dengan kehidupan kita dan sejarah adalah kejadian sekarang dan tidak akan pernah terulang di masa yang akan datang dan mungkin hanya terjadi sekali saja. Jadinya sejarah harus kita kenang sepanjang kita hidup dan jangan pernah meninggalkan sejarah, karena itu akan menjadikan kita sebagai motivasi di masa yang akan datang.


Seperti Bung Karno yang kagum ketika berkunjung ke Museum National Mexico di Mexico City bersama para rombongan. Di sana tersimpan beberapa banyak benda-benda yang mempunyai nila-nilai sejarah bagi rakyat Mexico itu sendiri, dan sejarah perjuangan rakyat Mexico. Namun bukan itu saja yang membuat Bung Karno kagum, akan tetapi ada satu hal yang membuat Bung Karno kagum dan juga merasa sangat terharu, yaitu ketika Bung Karno ingin meninggalkan museum itu, Bung Karno melihat sepenggal kalimat indah dan mempunyai arti yang sangat dalam, kalimat tersebut adalah:
“We leave the museum behind, but not history, because history continues with our life. The motherland is continuity, and we are all labourers toiling for the present, from the past we receive the purpose and the encouragement for the future. Let us then realize the resposibillities for freedom in order to deserve more and more the honour of being Mexicans” dan terjemahan bebasnya adalah:
“kita meninggalkan museum tetapi tidak meninggalkan sejarah, karena sejarah berjalan terus dengan penghidupan kita. Tanah tumpah darah merupakan suatu kealangsungan, dan kita semua adalah warga masyarakat yang bekerja untuk kebesarannya. Dari zaman lampau kita menerima kekuatan yang dibutuhkan untuk zaman sekarang, dari zaman lampau kita menerima niat dan dorongan buat hari depan. Marilah kita menyadari rasa tanggung jawab yang bersangkutan dengan kemerdekaan, agar kita semakin patut menerima kehormatan bernama warga bangsa Mexico”.

Membaca tulisan tersebut Bung karno merasa terharu dan mata Bung Karno berkaca-kaca dan Bung Karno berpesan “Percayalah, saya tidak akan pernah meninggalkan sejarah, karena sejarah akan terus menerus sejalan dengan kehidupan kita”.

Jadi gimana, apa kalian akan meninggalkan sejarah? Kalau saya akan berusaha untuk tidak meninggalkan sejarah apapun dalam hidup saya, mulai dari yang terkecil hingga terbesar dan tidak lupa juga sejarah Negara ini dan dunia Islam tidak akan saya lupakan (Insya Allah). Kalau kalian bagaimana?.

1 comment:

  1. We leave the museum behind, but not history, because history continues with our life. The motherland is continuity, and we are all labourers toiling for the greatness, out of the past we receive the strenght required for the present, out of the past we receive the purpose and the encouragement for the future. Let us then realise the resposibilities for freedom, in order to deserve more and more the honour of being Mexicans (Doktrin Revolusi Indonesia hal. 560)

    best regards,
    Andi Amirullah

    ReplyDelete